Analisa sederhana peringkat Alexa Rank yang semakin tidak akurat (Update I)

This item was filled under [ Bisnis Online ]

Penurunan peringkat-peringkat banyak wesbite-website Indonesia akhir-akhir ini menimbulkan banyak tanda tanya di kalangan blogger, webmaster dan pemerhati dunia online di Indonesia. Banyak yang menduga Alexa Rank yang semakin tidak akurat di Antaranya, Menurut saya bisa jadi hal ini benar dan bisa juga kurang tepat, karena ada beberapa fakta yag saya lihat:

  • Sudah dari dulu orang menyalahkan dan kurang percaya pada Algoritma Alexa yang terlalu sederhana, dan akhirnya pihak Alexa sendiri mengakomodasi berbagai masukan dari berbagai pihak untuk membuat algortma yang lebih rumit dan mendekati pemeringkatan website yang lebih adil dan akurat. Jadi bisa jadi yang dulu yang kurang akurat, dan sekarang lebih akurat pemeringkatannya.
  • Banyak sekali website di dunia yang tumbuh pesat saat ini. Bagi rekan-rekan yang masih aktif mengais rejeki di dunia PTC dan Traffic Exchange pasti bisa lihat..ada berapa banyak website sejenis yang muncul setiap minggunya. Bisa puluhan bukan? Nah maraknya bisnis ini berarti marak juga website-website yang naik traffic visitornya karena system keroyokannya dalam mendulang traffic. Bisa ada puluhan ribuan Website yang terlibat dalam bisnis ini. Semua pasti ikut terangkat alexa rank nya mengalahkan yang tidak ikutan.
  • Kemungkinan lain masih saya cari-cari infonya sambil melakukan beberapa experiment juga nih. Rekan yang tahu lebih dulu kasih masukan ya. 😀 Atau tunggu juga updatenya kalau respon saya bisa komentari oleh pihak alexa.

Hasil Experiment I & Analisa:

Experiment pertama muncul dengan membandingkan hasil tracking awstat beberapa website dan memberikan penjelasan analisa Mas Eko Nurhuda di Blognya.

Kesimpulan:

Dari hasil banding-bandingkan hit di awstat dengan beberapa website teman, saya malah menduga bahwa Alexa itu malah berhubungan dengan total hit pengunjung di website. Jadi bukan dengan total unique page views dan juga bukan jumlah visitor, sebagaimana paling banyak direkam oleh website tracking program /script.

Kalau saya analisa kasus dalam artikel Mas Eko Nurhuda pada linkdi atas, setahu saya bila website kita sudah punya pengunjung tetap yang banyak, mereka malah hanya akan klik cuma beberapa artikel terbaru saja, jadi total hitnya akan lebih sedikit di setiap kunjungan. Sedang bila pengujung dari dari Search Enginee, ada kemungkinan besar mereka adalah pengunjung baru. Dan kemungkinan mereka untuk lebih banyak menemukan hal-hal baru di website kita juga lebih besar, sehingga selanjutnya melakukan lebih banyak hit di kunjungan-kunjungan awal mereka.

Kalau mau bereksperimen mungkin kita bisa mencoba membandingkan lagi lebih banyak hasil awstat, supaya bisa kita bisa pastikan dugaan saya ini.

Rate this topic:
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...
Popularity: 7,239 views
Tagged with: [ ]
You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.